Cara Prospek Asuransi Dengan Orang Yang Tidak Dikenal

Cara prospek asuransi dengan orang yang tidak dikenal.  Prospecting pada umumnya menjadi langkah yang tak terpisahkan dengan tahapan dalam menjual asuransi. Langkah ini ditempuh guna mengadakan pendekatan kepada prospek dimana sebelumnya tidak ada hubungan saling kenal dengan agen asuransi. Ini merupakan bagian dari trik marketing asuransi agar produk asuransi dapat dijual kepada siapapun, bahkan dengan orang yang tidak dikenal sekalipun.
cara prospek asuransi dengan orang yang tidak dikenal


Jika kita menjual barang yang nilainya kecil, walaupun calon pembeli tidak mengenal kita ... kalau dia membutuhkan barang tersebut, kemungkinan dia akan langsung membeli. Lain halnya jika kita menjual asuransi jiwa, yang kita inginkan adalah komitmen calon pembeli asuransi atau prospek untuk mengeluarkan uang yang jumlahnya puluhan juta rupiah guna membayar premi asuransi. Lalu bagaimana caranya kita mem-prospek asuransi dengan orang yang tidak kenal?

Kunci sukses dalam menjual asuransi, baik itu menjual langsung di lapangan maupun menjual asuransi secara online adalah mendapatkan kepercayaan dari calon nasabah. Cara prospek asuransi dengan orang yang tidak dikenal adalah dengan cara "TIDAK MENJUAL". Artinya kita menciptakan hubungan yang tulus dengan calon nasabah atau prospek, dan tidak berpromosi. Fokusnya tetap menjalin silaturahmi.

Lalu bagaimana jika prospek menanyakan apa aktifitas atau pekerjaan kita? jawab dengan tegas bahwa anda adalah seorang agen asuransi, namun tidak perlu promosi saat itu juga. Cara yang tepat dalam prospecting dengan orang yang tidak dikenal, dalam pembicaraan selalu mengutamakan kepentingan prospek, bukan kita kita sebagi agen. Dengan begitu pendekatan yang kita adakan akan terasa lebih natural, prospek kita pun tidak akan merasa dijadikan target penjualan asuransi.

Cara prospek asuransi memang begitu, jika setelah hubungan terasa dekat dan akrab, tentu sudah bisa meningkat ke pembicaraan yang lebih pribadi. Dalam pembicaraan tersebut, kita harus bisa menggali apa yang menjadi kebutuhan prospek, tentunya yang ada relevansinya jika nantinya kita akan menawarkan asuransi. Contoh, jika prospek kita mempunyai anak sekolah yang masih kecil, tentu kita harus bisa mengarahkan pembicaraan ke seputar jaminan finansial untuk masa depan anak. Lalu arahkan juga pembicaraan, bagaimana solusinya menghadapi risiko yang mungkin terjadi, karena prospek adalah tulang punggung keluarga. Jelaskan juga, setiap orang menghadapai masa tua, jelaskan juga ... cukupkah tabungan kita menghadapi masa tua ditambah lagi jika sakit. Jelaskan bahwa asuransi adalah solusi mendapatkan jaminan keuangan untuk masa depan prospek dan keluarga tanpa mengganggu saldo tabungan. Jelaskan manfaat yang tepat dan bukti yang nyata bahwa asuransi adalah solusi tepat perencanaan keuangan keluarga.

Terakhir, yang tidak boleh dilupakan adalah, tetaplah menjaga hubungan baik jika pada akhirnya nanti prospek menolak penawaran kita. Justru dengan hubungan baik itulah kita bisa mendapatkan referensi nama - nama dari orang yang dekat dengan prospek yang dapat kita dekati. Tidak jarang ...  dengan cara ini, orang yang tadinya menolak justru akhirnya menjadi nasabah. Karena pada dasarnya mereka membutuhkan waktu untuk memikirkan segala sesuatunya.

Demikianlah Cara prospecting asuransi dengan orang yang tidak dikenal, yang intinya adalah kita sebagai agen asuransi harus menjual asuransi dengan cara soft selling daripada menjual asuransi door to door yang dipastikan tidak efektif.


Baca juga :
Tips Cara Cepat Mendapatkan Nasabah Asuransi Jiwa
Cara menjual Memasarkan Asuransi Secara Online